Pengambilan Keputusan Pinjaman Online Dan Faktor Yang Mempengaruhi
DOI:
https://doi.org/10.46975/zvc8pg94Keywords:
Pinjaman Online, Literasi Keuangan, Kemudahan, Persepsi Risiko, Keputusan PenggunaanAbstract
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran dalam penggunaan pinjaman online dari sisi literasi keuangan, kemudahan penggunaan, dan persepsi risiko, melalui pendekatan kuantitatif dan metode survei, data dikumpulkan dari 93 responden yang berada di locus Cileungsi. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda setelah melalui uji validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Penggunaan pinjaman online sangat signifikan dipengaruhi oleh literasi keuangan, kemudahan, dan persepsi risiko. pengaruh masing-masing variabel menunjukkan arah positif, yang mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat literasi, semakin mudah platform tersebut digunakan, dan semakin rendah risiko yang dirasakan, maka semakin besar kecenderungan untuk mengambil keputusan dalam menggunakan pinjaman online.
References
Agung, A., Wedangga, W., Ngurah, G., & Laksana, D. (2022). Peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dalam Hal Perlindungan Konsumen Terhadap Jasa Pinjaman Online Ilegal. Jurnal Kertha Negara, 10(8), 836–846.
Aldy, F., Rambe, S., Tanjung, D., Octiara, E., Hatta, F., Ida, R., Khairunnisa, Y., Siregar, M., Silvi, M., Nursahara, L., Thyrhaya, P. T., Tavi, Z., Rudi, S., & Zulkarnain, H. (2024). Perkembangan Teknologi Digital Untuk Berbagai Bidang Kehidupan (Digital Technology for Humanity).
Asari, A., Misbahul Munir, M., Sri Gustini, M., Valentine Siagian, Ms., Rasjid, H., Siti Inayatul Faizah Ulfi Pristiana, M., & Abdurohim, Ms. (2023). Literasi Keuangan. Madza Media. www.madzamedia.co.id
Asri Rahmayani, H., Setyarini, E., & Gisijanto Arief, H. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Peer To Lending. Jurnal JUKIM, 1(3), 01–09.
Aurin, R., & Kusumastuti, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Shopee Pay Later. JCA (Jurnal Cendekia Akuntansi), 4(2), 82. https://doi.org/10.32503/akuntansi.v4i2.4522
Awni Ahmad Mahmoud, M., Badawi, U. A., Hassan, W., & Alomari, Y. M. (2021). Evaluation of User Experience in Mobile Applications. https://www.researchgate.net/publication/351935442
Barra. (2023, October 25). Tujuan Literasi Keuangan: Menuju Kehidupan Finansial yang Santai dan Berkecukupan. Https://Perpusteknik.Com/Tujuan-Literasi-Keuangan/.
Cahyani, R., Yusuf, P., & Hasan, Y. A. (2024). Keamanan Data Pribadi Nasabah Dalam Pinjaman Online. Clavia: Journal of Law, 22(3). https://doi.org/10.56326/clavia.v22i3.5436
Chrisna, H., Hernawaty, Ms., & Noviani, M. (2023). Literasi Keuangan Syariah Untuk Perkembangan UMKM. In Literasi Keuangan Syariah Untuk Perkembangan UMKM. CV Eureka Media Aksara.
Devi Wulandari, N., & Putu Wiagustini, N. (2024). Pengaruh Financial Technology Terhadap Keputusan Pendanaan Dan Kinerja Keuangan Umkm Di Kota Denpasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3).
Dwi Hastuti Soedarbe, N., Adri P. Koleangan, C., & Korompis, M. (2023). Pengaruh Pemahaman, Kemudahan Penggunaan Dan Motif Terhadap Minat Menggunakan Pinjaman Online Melalui Peer To Peer Lending Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik De La Salle Manado. Jurnal Innovative, 20(2), 179–189.
Evimalia, N., & Wati, N. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Resiko Dan Regulasi Untuk Melakukan Transaksi Pinjaman Dana Menggunakan Platform Financial Technologi (Fintech)Peer to Peer(P2P) Lending Danamas Di Kota Denpasar. e-ISSN 2798-8961.
Frederica, D., Cristina Susianti Magdalena, F., Gunarso, G., Anatasia, C., Devilina Cici, H., Studi Akuntansi, P., & Kristen Krida Wacana, U. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Lainnya Terhadap Niat Masyarkat Menggunakan Pinaman Online. Jurnal Riset Bisnis, 7(1), 141–155.
Guru Ekonomi. (2024, September 9). Literasi Keuangan. Https://Sarjanaekonomi.Co.Id/Literasi-Keuangan/.
Harahap, K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Fintech Payment (Paylater) Pada Aplikasi Shopee. In Skrip.
Harjanti, S. (2022). Analisa Faktor-Faktoryang Mempengaruhi Perceived-Risk (Survey Pada Konsumen Mie Instan di Yogyakarta).
Idris, A., Hendratmoko, S., Widodo, E., Yaqin, M. H. A., & Ismail, A. K. N. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi keuangan generasi Z. Jurnal Cendekia Keuangan, 2(2), 82. https://doi.org/10.32503/jck.v2i2.3717
Indriyani, R., Widyastuti, U., Yusuf, M., & Ekonomi, F. (2024). Analisis Penggunaan Digital Payment: Modifikasi Teori Technology Acceptance Model. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(3), 1678–1692. https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.22988
Ketut Ayu, S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Dan Personalisasi Terhadap Minat Generasi Z Menggunakan Peer to Peer Lending (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha).
Lutfiana, A., Nofianna, S. N., Najwa Tazakka, A., Khoerunnisa, C. P., Hasnawati, R., Lutfiana, R., Juniarahmawati, Y., Pambudi, S. H., Pratama, A., Mugi, R., Universitas, I., Negeri, K. H., Saifuddin, Z., & Purwokerto, I. (2023). Pentingnya Literasi Keuangan Melalui Sosialisasi Peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dalam Upaya Pelindungan Masyarakat Terhadap Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal Di Desa Rawajaya. 2(2).
Mario, A., & Ikraam, I. (2023). Upaya Meningkatkan Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Kota Palembang Sebagai Antisipasi Dampak Buruk Pinjaman Online Melalui Pendekatan Behavioral Economics. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 19(2), 209–220. https://doi.org/10.35449/jemasi.v19i2.728
Maryati, & M. Khoiri. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1).
Mirza Gayatri, A. (2022). Memahami Literasi Keuangan Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Konsumtif Dari Pinjaman Online. Jurnal of Management, 03(02), 297–306. https://doi.org/10.37010/jdc.v3i2
Monica Ayu, D. (2023). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, efektivitas, dan risiko terhadap minat penggunaan layanan fintech pinjaman online.
Nurhayani, Prihatma Tugi, G., & Syaqillah, A. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Pinjaman Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Serang Raya. Jurnal Manajemen Perusahaan, 1(2).
Outri Atwandira, E., Husin, A., & Sukamdiani, M. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Shopee Paylater di Wilayah Kota Surakarta. Jurnal Wiranomika, 2(1), 1–17.
Pasolong, H. (2023). Teori Pengambilan Keputusan (1st ed.). CV. Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Prajogo, U., & Rusno, R. (2022). Persepsi risiko terhadap minat melakukan pinjaman online dengan kemudahan penggunaan sebagai variabel moderasi. MBR (Management and Business Review), 6(1), 22–32. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6680
Prastyawan, A., & Lestari, Y. (2020). Pengambilan Keputusan. Unesa University Press.
Putri Anggraeny, F., & Iriani Setyo, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee Paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3).
Rachman Rika, A., & Syaiah. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko Dan Toleransi Risiko Terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus Investor Di MNC Trade Syariah Kendari). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan (JAK), 7(2). http://jak.uho.ac.id/index.php/journal/issue/archive
Rahardjo, B. K. S. A. (2019). Pengaruh Financial Technology (Fintech) Terhadap Perkembangan Umkm Di Kota Magelang.
Rahmat, S., Nurdiana, N., Hasan, M., Nurjannah, N., & S, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan Pelaku Usaha Tani di Kota Makassar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 317. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1120
Ramadhani, I. I. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Pinjaman Online (Studi Kasus Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin).
Rizqi Akbar. (2023). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Resiko Dan Promosi, terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Paylater Di Solo Raya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 213–235. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i3.645
Rochayati, F. (2024). Dasar-Dasar Pengambilan Keputusan.
Ruqoyah, Afriani, Y., Hana Fahleti, W., Yudi Arifin, N., Amalia Zarvianti, A., & Rahman Ramadhan, A. (2023). Analisa Pendapat Masyarakat terhadap Pemanfaatan Aplikasi Pinjaman Online. 7(3), 22820–22825.
Safura Azizah, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. 01(1), 92–101.
Salamah, M. J. (2023). Pengaruh Pengetahuan dan Risiko terhadap Keputusan Penggunaan Pinjaman Online dalam Perspektif Syariah.
Sati, A. (2023). Analisis risiko, kepercayaan dan kemudahan terhadap minat konsumen menggunakan jasa pinjaman online peer-to-peer lending (studi pada masyarakat Kota Padangsidimpuan).
Sekarwangi Putri, M. (2022). Pengaruh Religiusitas Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Penggunaan Paylater Pada Generasi Milenial Di Kota Semarang (Skripsi).
Setiyawan, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Online (Fintech).
Sintawati, D., Nizar, M., Fahmul Iltiham, M., & Farida, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Perilaku Konsumtif Terhadap Minat Jasa Pinjaman Online. JIESP, 2(1). http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JIESP/
Supriyanto, E., & Ismawati, N. (2019). Sistem Informasi Fintech Pinjaman Online Berbasis Web. Teknologi Informasi dan Komputer. https://jurnal.umj.ac.id
Suyono, A., Nurhuda, N., & Sari, M. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan dan Kepedulian Ekonomi Anak berbasis Pretend Play bagi Orang Tua. Studi Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.35912/sakman.v3i1.2252
Tio Waskito Erdi. (2023). Faktor-Faktor Keputusan Melakukan Pinjaman Online: Inklusi Keuangan Sebagai Pemoderasi. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 407–414. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.613
Wahyu Laila, T., & Saifudin. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kepuasan Pengguna Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pembayaran Shopee Paylater. https://prosiding.stainim.ac.id
Wajuba, L., Fisabilillah, P., & Hanifa, N. (2021). Analisis Pengaruh Fintech Lending Terhadap Perekonomian Indonesia. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship and Innovation, 1(3), 2721–8287. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v1i3.866
Wijaya, A., & Gischa, S. (2023, December 15). Faktor yang Memengaruhi Pengambilan Keputusan. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2023/12/15/013000869/faktor-yang-memengaruhi-pengambilan-keputusan?page=all
Wulan Dary, R., & Pudjiharjo, M. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Religius dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Paylater. Islamic Economics and Finance In Focus, 1(3), 252–263. https://doi.org/10.21776/ieff
Yuhanisa, F. S. I. S. N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan Pinjaman Online. Jurnal ARASTIRMA Universitas Pamulang, 4, 83–99.
Zulvia, P., & Shinta Yerina, A. (2023). Motivasi Dan Pengalaman Pengguna Sebagai Faktor Tambahan Dalam Meninjau Penerimaan Aplikasi Seluler KAI Access: Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 27(2), 209–228. https://doi.org/10.17933/jskm.2023.5250
 
						 
							



