Kewirausahaan Menumbuhkembangkan UMKM di Era Digital di Kalangan Mahasiswa STMIK Dharmapala Riau

Authors

  • Fransiska Melani STMIK DHARMAPALA RIAU Author
  • Masariah Zalukhu Author
  • Wira Jaya Hartono Author

DOI:

https://doi.org/10.46975/yjrjz402

Keywords:

Kewirausahaan, UMKM, Era Digital

Abstract

Di era digital yang terus berkembang, kewirausahaan telah menjadi salah satu pilar utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di Indonesia, UMKM mempunyai peranan yang sangat signifikan dalam menyerap tenaga kerja dan berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Oleh karena itu, pengembangan UMKM menjadi salah satu fokus utama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. Permasalahan yang dihadapi mahasiswa ialah kurangnya pengalaman dan wawasan pengetahuan dalam dunia bisnis serta memiliki kendala dalam penggunaan informasi dan teknologi (IT) untuk berbisnis. Untuk penelitian tentang kewirausahaan dan pengembangan UMKM di era digital di kalangan mahasiswa STMIK Dharmapala Riau, beberapa metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, metode pengumpulan data, dokumentasi, observasi dan teknik analisis data terhadap mahasiswa. Metode tersebut terlaksana dengan para mahasiswa dan pelaku UMKM. Setelah kegiatan terlaksana diperoleh hasil (1) mendapatkan pengalaman dan pandangan dari mahasiswa serta pelaku UMKM mengenai digitalisasi.(2) Mendapatkan wawasan tren dan digitalisasi UMKM. (3) Menganalisis tingkat adopsi teknologi dan dampaknya.

References

Aditya, W. (2023, Desember 4). Kewirausahaan dan UMKM di Era Digital 4.0. Diambil kembali dari Eureka Media Aksara: https://repository.penerbiteureka.com/publications/566961/kewirausahaan-dan-umkm-di-era-digital-40

Ginting, M. L. (2024, Februari 26). Kewirausahaan UMKM di Era Digital. Diambil kembali dari Eureka Media Aksara: https://repository.penerbiteureka.com/publications/567960/kewirausahaan-umkm-di-era-digital#id-section-content

Halwa, A. (2024). Menggali Peran Mahasiswa dalam Peningkatan Digitalisasi UMKM.

Lestari, M. (2021). Digitalisasi UMKM dan Peluang di Era Revolusi Industri 4.0. Eureka Media Aksara.

Marsanda, V. (2024, Juni 15). Peran Mahasiswa dalam Mendorong Digitalisasi UMKM untuk Kemajuan Ekonomi. Diambil kembali dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/viyolita12298/666d100ac925c421947cadc2/peran-mahasiswa-dalam-mendorong-digitalisasi-umkm-untuk-kemajuan-ekonomi

Puspitawati, N. (2021). Kewirausahaan di Era Digital. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sangaji, S. (2019). Tantangan Kewirausahaan dan UMKM di Era Digital. Jakarta: Penerbit XYZ.

Wardhana, A. (2012). Branding dan Penjualan Wirausaha: Peta Jalan Menjadi Pengusaha Sejati. Graha Ilmu.

Wijoyo, H. (2021). Pola Pikir dan Keterampilan Kewirausahaan . ResearchGate.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Kewirausahaan Menumbuhkembangkan UMKM di Era Digital di Kalangan Mahasiswa STMIK Dharmapala Riau. (2025). Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20(1). https://doi.org/10.46975/yjrjz402

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.