Kewirausahaan Menumbuhkembangkan UMKM di Era Digital di Kalangan Mahasiswa STMIK Dharmapala Riau
DOI:
https://doi.org/10.46975/yjrjz402Keywords:
Kewirausahaan, UMKM, Era DigitalAbstract
Di era digital yang terus berkembang, kewirausahaan telah menjadi salah satu pilar utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di Indonesia, UMKM mempunyai peranan yang sangat signifikan dalam menyerap tenaga kerja dan berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Oleh karena itu, pengembangan UMKM menjadi salah satu fokus utama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. Permasalahan yang dihadapi mahasiswa ialah kurangnya pengalaman dan wawasan pengetahuan dalam dunia bisnis serta memiliki kendala dalam penggunaan informasi dan teknologi (IT) untuk berbisnis. Untuk penelitian tentang kewirausahaan dan pengembangan UMKM di era digital di kalangan mahasiswa STMIK Dharmapala Riau, beberapa metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, metode pengumpulan data, dokumentasi, observasi dan teknik analisis data terhadap mahasiswa. Metode tersebut terlaksana dengan para mahasiswa dan pelaku UMKM. Setelah kegiatan terlaksana diperoleh hasil (1) mendapatkan pengalaman dan pandangan dari mahasiswa serta pelaku UMKM mengenai digitalisasi.(2) Mendapatkan wawasan tren dan digitalisasi UMKM. (3) Menganalisis tingkat adopsi teknologi dan dampaknya.
References
Aditya, W. (2023, Desember 4). Kewirausahaan dan UMKM di Era Digital 4.0. Diambil kembali dari Eureka Media Aksara: https://repository.penerbiteureka.com/publications/566961/kewirausahaan-dan-umkm-di-era-digital-40
Ginting, M. L. (2024, Februari 26). Kewirausahaan UMKM di Era Digital. Diambil kembali dari Eureka Media Aksara: https://repository.penerbiteureka.com/publications/567960/kewirausahaan-umkm-di-era-digital#id-section-content
Halwa, A. (2024). Menggali Peran Mahasiswa dalam Peningkatan Digitalisasi UMKM.
Lestari, M. (2021). Digitalisasi UMKM dan Peluang di Era Revolusi Industri 4.0. Eureka Media Aksara.
Marsanda, V. (2024, Juni 15). Peran Mahasiswa dalam Mendorong Digitalisasi UMKM untuk Kemajuan Ekonomi. Diambil kembali dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/viyolita12298/666d100ac925c421947cadc2/peran-mahasiswa-dalam-mendorong-digitalisasi-umkm-untuk-kemajuan-ekonomi
Puspitawati, N. (2021). Kewirausahaan di Era Digital. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sangaji, S. (2019). Tantangan Kewirausahaan dan UMKM di Era Digital. Jakarta: Penerbit XYZ.
Wardhana, A. (2012). Branding dan Penjualan Wirausaha: Peta Jalan Menjadi Pengusaha Sejati. Graha Ilmu.
Wijoyo, H. (2021). Pola Pikir dan Keterampilan Kewirausahaan . ResearchGate.
 
						 
							



