Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online Jeans Demorin
DOI:
https://doi.org/10.46975/39wve792Keywords:
Inovasi Produk, Keputusan Pembelian, Promosi, Ulasan ProdukAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Inovasi Produk, Promosi, dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online Jeans Demorin. Metode penelitian yang digunakan adalah data primer dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen Jeans Demorin yang membeli secara online periode tahun 2024 yaitu 62.572 pembelian. Lalu, dikarenakan penulis memiliki keterbatasan informasi dalam mengumpulkan data konsumen maka penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling Selanjutnya, berdasarkan hasil perhitungan rumus lemeshow, sampel yang digunakan adalah 100 sampel. Data yang terkumpul akan diolah menggunakan aplikasi SEM SmartPLS ver 4.1.0.9 dengan melalui berbagai uji yang ada, yaitu uji statistik deskriptif, uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Inovasi Produk (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Sebaliknya, Promosi (X2) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Sementara, untuk Ulasan Produk (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Implikasi dari penelitian ini adalah perusahaan sebaiknya lebih fokus pada inovasi produk dan manajemen ulasan pelanggan, sambil terus melakukan evaluasi terhadap efektivitas strategi promosi dalam mendorong penjualan.
References
Babbie, R. E. (2020). The Practice of Social Research (Revisi).
Becker, J. M., Cheah, J. H., Gholamzade, R., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2023). PLS-SEM’s most wanted guidance. In International Journal of Contemporary Hospitality Management (Vol. 35, Issue 1, pp. 321–346). Emerald Publishing. https://doi.org/10.1108/IJCHM-04-2022-0474
Dzulqarnain, M., Syarief, N., & Ruhjatini, D. (2021). PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar Keputusan Pembelian Pada Minuman Chatime di Depok Jawa Barat.
Erwin, E., Judijanto, L., Kaligis, J., Islami, V., Musprihadi, R., Suprayitno, D., Irmadiani, N., Munizu, M., Muchayatin, D., Mawarni, I., Saktisyahputra, Riyanto, J., & Diputra, G. (2024). MANAJEMEN PEMASARAN (Teori dan Strategi).
Fathonah, S., Yurni, Y., Kurnia, S., Sada, P., & Pustaka, K. (2023). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN. https://www.researchgate.net/publication/372555372
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management Global Editiion (16th ed.). Pearson Higher Ed.
Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN: HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4
Mahardini, S., Hidayat, M., Nur Ikhwan, A., & Tinggi Ilmu Ekonomi YAI, S. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi, Produk, dan Promosi Pada Ecommerce Lazada Di Wilayah DKI Jakarta The Influence Quality of Information, Products, and Promotions on Lazada Ecommerce in DKI Jakarta Region (Vol. 1, Issue 3).
Mahardini, S., Ida Mudafia, I., & Apricuansyah, R. (2023). Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Perbankan (JUMPA), 10(2), 1–10. https://doi.org/10.55963/jumpa.v10i2.538
Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayanti, R. D. (2022). ANALISIS CITRA MEREK, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI MINAT BELI. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16, 36–47.
Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee di Pekanbaru. Daya Saing Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 7 No. 2, 906–912. https://doi.org/https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665
Noviyana, S., Kencanawati, S. M., Anggraini, R., & Gayatri, L. I. (2022). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN PRODUK WARDAH. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 11.
Raeisya Aurellia, M., & Sharif, O. O. (2022). Pengaruh Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kosmetik Madame Gie.
Tirta Wicaksono, Y. (2023). SIMBA SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 5 Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun PENGARUH HARGA INOVASI PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN
 
						 
							



