WORD OF MOUTH Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Antara Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Albafery Albafery STIE Purna Graha-Pekanbaru, Riau Author
  • Darimi Darimi STIE Purna Graha-Pekanbaru, Riau Author

DOI:

https://doi.org/10.46975/t7b4qa67

Keywords:

WOM, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Desa Rambah Tengah Barat di Kabupaten Rokan Hulu terkenal sebagai penghasil gula aren yang memiliki kepentingan budaya keraifan lokal dan komersial yang signifikan. Produk ini banyak diminati oleh konsumen karena keunggulannya dalam aspek Kesehatan. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh antara citra merek terhadap word-of-mouth (WOM); dan WOM sebagai variabel mediasi pengaruh antara citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini melibatkan 50 responden yang melakukan pembelian gula aren dengan menggunakan teknik purposive sampling. Program Smart-PLS, hasil menunjukkan yaitu WOM berperan besar sebagai variabel intervening dalam meningkatkan pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian.

References

Albafery, Sukendi., Zulkarnain., & Yusmarini. (2024). Sustainability of Palm Sugar Home Industry Management in Rambah District, Rokan Hulu Regency. Journal of Ecohumanism, 3(8), 2637-2646.

Amalia, N. (2019). Pengaruh citra merek, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96-104.

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal manajemen dan keuangan, 6(1), 660-669.

Amron, A. (2018). The influence of brand image, brand trust, product quality, and price on the consumer’s buying decision of MPV cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228.

Arafah, R. N., & Subali, S. (2023). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Angkringan Cahsaiki Bekasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(3), 361-367.

Bagis, A. A., Rinuastuti, H., Suryatni, M., Ramaputri, I., & Nururly, S. (2018). Penguatan Usaha Bagi Pengrajin Gula Aren Melalui Diversifikasi Produk Dan Strategi Pemasaran. Jurnal Abdi Insani, 5(1), 51-56.

Budiman, A., & Erdiansyah, R. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Produk CV. Anugrah Kencana Makmur). Prologia, 6(1), 193.

Erawan. P. Y. P., & Widgda. I G N. J. A., (2020). Pengaruh brand image terhadap word of mouth yang dimediasi oleh customer satisfaction. E-Jurnal Manajemen, 9 (8), 3301-3320 .

Foster, B. (2016). Impact of brand image on purchasing decision on mineral water product “Amidis”(Case study on bintang trading company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 1-11.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Semarang

Hakim, F. R., DH, A. F., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Word Of Mouth Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Waroeng Pring Pethuk Di Jalan Cemara Kipas Dalam, Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1), 180-186.

Haramaini, N., Rachma, N., & Slamet, A. R. (2019). Pengaruh Promosi, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(18). 95-111

Indriani, T. M., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Brand Equity, Brand Image, Brand Trust, Price, Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merk Nike. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(04). 163-170

Ismail. A. R., & Spinelli. G., (2012). Effects of brand love, personality and image on word of mouth: The case of fashion brands among young consumers. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 16(4), 386-398.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru. Jurnal valuta, 4(1), 71-85.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kurniawan, H., Bintoro, N., & WK, J. N. (2018). Pendugaan Umur Simpan Gula Semut Dalam Kemasan Dengan Pendekatan Arrhenius (shelf life prediction of palm sugar on packaging using Arrhenius equation). Jurnal Ilmiah rekayasa pertanian dan biosistem, 6(1), 93-99.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71-83.

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3). 1096-1104.

Nugraha, P. P. (2023). Keunikan Model Marketing Dari Mulut Ke Mulut Dalam Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(10), 3160-3169.

Permadi, P. C., Kumadji. S., Kusumawati. A., (2014). Pengaruh citra merek terhadap word of mouth dan keputusan pembelian (Survei pada konsumen Dapoer Mie Galau Jalan Selorejo 83 Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 10 (1), 1-7

Rangkuti, F. (2009). Mengukur Efektivitas Program Promosi : Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Safitri, D., Sudirman, R., & Angin, S. A. B. P. (2024). Pengaruh Word Of Mouth, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Seblang Di Kecamatan Singojuruh Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2125-2146.

Saidi, S. A., Asnawi, R. A., & Huwae, V. E. (2023). Peran Citra Merek Dan Kesadaran Merek Sebagai Mediasi Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Tuni Maluku. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1). 42-58

Satria, H. W., & Hidayat, D. P. (2018). Does Brand Love and Brand Image Have a Strong Impact on Word of Mouth?(Evidence from the Indonesian Vocational School). KnE Social Sciences, 320-346.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Siahaan, A. S., & Setiawati, C. I. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Vans (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University). E-Proceeding of Management, 5(3). 3813-3820

Suryani, T. (2013). Perilaku konsumen di era internet: Implikasinya pada strategi pemasaran. GrahaIlmu. Yogyakarta.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

WORD OF MOUTH Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Antara Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. (2025). Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 78-84. https://doi.org/10.46975/t7b4qa67

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.