Citra Wisata Instagramable Sebagai Penentu Minat Kunjungan Ke Sariater ATV & Buggy Adventure
DOI:
https://doi.org/10.46975/qv3ppy63Keywords:
Citra Wisata Instagramable, Minat Kunjungan, Media Sosial Instagram, Pemasaran Digital, Sariater ATV & Buggy Adventure, Pengaruh Visula Media SosialAbstract
Instagram telah menjadi media utama dalam promosi destinasi wisata, dengan visual yang menarik dapat memengaruhi preferensi wisatawan. Sariater ATV & Buggy Adventure memiliki potensi sebagai wisata Instagramable, namun masih menghadapi keterbatasan dalam unggahan, interaksi, dan persaingan. Meskipun citra visual sering dikaitkan dengan peningkatan minat wisatawan, penelitian ini menemukan adanya kesenjangan antara ekspektasi yang dibangun di media sosial dan pengalaman nyata di lokasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei kuesioner dan analisis regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan bahwa citra wisata Instagramable memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan dengan nilai R² sebesar 41,8%, yang berarti faktor lain juga berkontribusi. Temuan ini mengindikasikan bahwa daya tarik visual tidak selalu meningkatkan minat kunjungan jika tidak diimbangi dengan pengalaman nyata yang memuaskan. Dalam konteks pariwisata dan pemasaran digital, penelitian ini menegaskan bahwa strategi promosi visual harus diimbangi dengan peningkatan pengalaman wisata yang autentik. Pengelola destinasi perlu meningkatkan interaksi digital dan layanan di lokasi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam cakupan destinasi dan platform yang diteliti. Studi lanjutan disarankan untuk menambah variabel lain seperti harga, aksesibilitas, dan daya tarik kompetitor, serta memperluas cakupan destinasi dan media sosial guna memahami lebih dalam strategi pemasaran digital di industri pariwisata.
References
Abrian, Y., Wardi, Y., Abror, A., Dwita, V., & Evanita, S. (2023). Pengalaman Wisata dan Citra Destinasi: Sebuah Kajian Pustaka Sistematis. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.36256/ijtl.v4i2.347
Andini, T., & Kurniawan, F. (2020). Analisis pembentukan ekspektasi wisata lewat fitur pendukung pencarian informasi di Instagram. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(2), 503. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i2.2339
Anuar, F. I., Zaid, A. A. A., Zabidi, I. Z., & Kamal, S. N. J. (2021). Young Tourists’ Trust in Instagram Travel Influencers and their Intention to Visit Travel Destinations. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(16), Pages 304-317. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v11-i16/11236
Armawandy, M. T., & Wiarti, L. Y. (2023). MODEL HUBUNGAN EKSPEKTASI, KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DI WISATA ALAM SALU PAJA’AN.
Candra, A. C., & Sari, W. N. (2024). Analisis Strategi Pengembangan Amenitas dan Aksesibilitas Pariwisata di Jasmine Park Cisauk. Jurnal Pariwisata dan Perhotelan, 2(1). https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3327
Dairoby, A., & Akbar, M. F. (2024). STUDI NETNOGRAFI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI KONTEN WISATA KOTA SEMARANG. JURNAL PESONA PARIWISATA, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.33005/peta.v3i1.62
Faoziyah, F., Setiadi, R., & Sucipto, H. (2022). Pengaruh Harga dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisata Mangrove Pandasari. 6(2).
Fitri, F. R., Februadi, A., Elisabeth, V., & Yuardani, A. M. (2023). Influence of Instagram Social Media Marketing as a Promotional Means to Increase Intentions to Visit Tourist Destinations. Journal of Marketing Innovation (JMI), 3(2). https://doi.org/10.35313/jmi.v3i2.70
Ghorbani, A., Mousazadeh, H., Golafshan, A., Akbarzadeh Almani, F., & Dávid, L. D. (2023). Tourists-generated photographs in online media and tourism destination choice: The case of Shiraz metropolis in Iran. Cogent Social Sciences, 9(1), 2225336. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2225336
Handayani, F., & Adelvia, K. (2020). INSTAGRAM TOURISM: MENCIPTAKAN HYPE PADA DESTINASI WISATA (STUDI PADA AKUN @INDOFLASHLIGHT). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 24(2), 105. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2856
Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. 7.
Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING. 6(1).
Muhajirin. (2024). PENDEKATAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA TAHAPAN PENELITIAN. Journal Genta Mulia, 15, 82–92.
Nurrani, I., Adiatma, D., & Rukma, D. F. S. (2023). PENGARUH INSTAGRAMABLE DAN MEDIA SOSIAL PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA KEBUN MAWAR SITUHAPA. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 1. https://doi.org/10.24843/JUMPA.2023.v10.i01.p01
Rahayu, D. W. S., & Hamidah, A. D. S. (2024). Analisis Daya Tarik Atmosfer Instagramable untuk Menarik Minat Kunjung Kembali Wisatawan di Blitar Park. Jurnal Simki Economic, 7(1), 31–40. https://doi.org/10.29407/jse.v7i1.480
Tavakol, M., & Dennick, R. (2020). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd
Wang, H., & Yan, J. (2022). Effects of social media tourism information quality on destination travel intention: Mediation effect of self-congruity and trust. Frontiers in Psychology, 13, 1049149. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1049149
W.T. Bhirawa. (2020). Proses Pengolahan Data Dari Model Persamaan Regresi Dengan Menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Yandi, A., Mahaputra, M. R., & Mahaputra, M. R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Kunjungan Wisatawan (Literature Review). Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta, 1(1), 14–27. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1.8
Yanto, A., & Hasbullah, H. (2022). Pengaruh Promosi Visual Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Pengunjung Danau Sipin Jambi).
 
						 
							



